Kamis, 21 Februari 2013

Serba serbi kota kupang (1)

Kota Kupang adalah sebuah kotamadya dan sekaligus ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kotamadya ini adalah kota yang terbesar di pesisir Teluk Kupang, di bagian barat laut pulau Timor.
Sebagai kota terbesar di provinsi Nusa Tenggara Timur, Kota Kupang dipenuhi oleh berbagai suku bangsa. Suku yang signifikan jumlahnya di "Kota Kupang" adalah suku Timor, Rote, Sabu, Tionghoa, Flores dan sebagian kecil pendatang dari Jawa.
Luas wilayah Kota Kupang adalah 180,27 km² dengan jumlah penduduk sekitar 450.000 jiwa (2010). Daerah ini terbagi menjadi 6 kecamatan dan 50 kelurahan. (dikutip dari wikipedia.org)

Nah kadang orang diluar NTT ketika mendengar bahwa kita dari Kupang tanpa diikuti kata NTT, maka dibenak mereka Kupang itu berada di Surabaya - mungkin suatu tempat kecil di kota surabaya ..hmm pengalaman pribadi nih - something ennoying that most of them don't know my beloved city.

Setelah tahun 1999 (pisahnya Dili dari Indonesia) Kupang sudah banyak sekali mengalami perubahan dari segi Ekonomi, nilai jual dan tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Jangan tanya ini hasil penelitian siapa atau analisa siapa  he he he ...indikator yang saya ambil: sudah ada mall, hypermart, jalan kota sudah bagus walau mungkin karena kemajuan pesat dan tidak tertata kota dengan baik membuat indahnya kupang tidak begitu terlihat.

salah satu keunikan yang setiap hari bisa dilihat di kota kupang adalah transportasi umum yang "genit"...ada saja kreativitas pemilik angkota untuk membuat minibus terlihat sangat menarik. jika malam hari, angkota tersebut persis seperti pub malam ...lampu kerlap kerlip dengan music yang sangat keras. Untuk ibu ibu / oma oma dan opa opa, sistuasi seperti itu sangatlah mengganggu namun untuk para ABG - full music adalah suatu keharusan ! bingungkan jadi supir ckckkc

Ini nih foto foto angkota yang sempat di dokumentasikan menggunakan kamera BB sederhana.

 Son mati gila = jika anda tidak mati pasti gila (aneh)


Ana hekter = julukan buat ABG


ARUS : tampang rusak uang stabil he he he


Setan Flores : whatttt??

 

Talalu batingkah = ??

Asyik kan? kalau datang ke kupang, harus siapkan waktu khusus untuk menikmati perjalanan "mendebarkan" menggunakan angkota angkota seperti diatas. Jauh dekat Rp.2.000 perak.

bersambung ke kota kupang jilid 2 :)



2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. TARUS...TAMPANG RUSAK UANG STABIL...huruf T nya terhabus..salam blogger.

    http://matatimor.blogspot.com

    BalasHapus